Images

Cara Memberi Watermark Tanda Tangan pada Foto

Kali ini, saya akan membahas tentang watermark. Walaupun sebagian orang menganggap watermark tidak begitu penting, tapi sebagian orang yang lain menanggap watermark sangat penting untuk kepemilikan.

Ada Berbagai macam tipe dan model watermark. Nah, kali ini saya akan memberi sedikit info atau berbagi cara bagaimana memberi watermark pada foto dengan model tanda tangan atau paraf.

tanda-tangan-watermark-foto

1. Buat Tanda Tangan

Anda bisa membuat tanda tangan anda pada kertas atau tablet. Kalau menggunakan kertas, pakailah spidol hitam yang agak tebal.

2. Transfer Digital Tanda Tangan Anda

Scan tanda tangan yang ada di kertas, gunakan resolusi paling tinggi karena siapa tahu kita akan menggunakannya pada foto yang berukuran besar. Kalau anda menggunakan tablet, ada opsi untuk mentransfer file tanda tangan anda.

3. Bersihkan Tanda Tangan

Gunakan fitur level adjustment untuk menambah kontras hasil scan tanda tangan anda sehingga terlihat bersih.

4. Buat Dua Jenis Tanda Tangan; Hitam dan Putih

Gunanya adalah masing-masing versi dipakai untuk dua jenis foto yang berbeda backgroundnya. Untuk foto terang, gunakan tanda tangan versi hitam. Untuk foto gelap, gunakan tanda tangan dengan background putih. Untuk membuat tandangan background hitam, gunakan perintah CTRL – I di pohotoshop (Invert) dari file asli.

5. Buka Foto Yang Akan Ditanda Tangani/Dikasih Watermark

watermark-tandatangan-2-sc
Buka foto anda di photoshop, lalu klik File > Place, pilih versi tanda tangan mana yang akan dipakai sesuai fotonya.

6. Sesuaikan Skala Tanda Tangan/Watermark Lalu Posisikan

watermark-tandatangan-4-sc
Perkecil atau perbesar tanda tangan/watermark sesuai ukuran foto lalu posisikan di tempat yang anda inginkan dalam foto.

7. Ubah Blending

watermark-tandatangan-6-sc
Agar tanda tangan/watermark menjadi transparan, cukup ubah blending layer. Untuk tanda tangan dengan background hitam, gunakan mode blending screen. Sementara untuk putih, gunakan multiply.
watermark-tandatangan-5-sc
Nah, selamat mencoba.Semoga berhasil dan bermanfaat...

0 komentar: